PERAN KNOWLEDGE BASE
Sistem
cerdas yang banyak dipakai dalam aplikasi bisnis adalah sistem pakar (expert system), yaitu sistem
yang meniru kepakaran (keahlian) seseorang dalam bidang tertentu dalam
menyelesaikan suatu permasalahan (Horn, J986). Sering kali sistem pakar juga
disebut sistem berbasis pengetahuan (knowledge based system). Namun, sebenarnya sistem pakar
hanyalah salah satu macam sistem yang berbasis pengetahuan.
Dalam hal memformulasikan dan memecahkan
masalah, maka knowledge ini berperan untuk memecahkan masalah – masalah yang
sedang terjadi pada komputer. Apabila sistem pakar tidak memiliki knowledge
base maka sistem pakar sulit untuk memecahkan masalah yang terjadi karena knowledge
base digunakan untuk dapat membantu manusia dalam menyelesaikan masalah yang
dihadapi dengan berdasarkan atas pengetahuan yang telah diprogramkan ke sistem
tersebut.
Ada 3 modul sistem kerja pakar,
yaitu:
- Modul Penerimaan Pengetahuan
Untuk mendapatkan pengetahuan sistem pakar dilakukan proses
penerimaan pengetahuan. Proses ini dilakukakan melalui interaksi dengan pakar
penerimaan pengetahuan dilakukan dengan bantuan Knowledge Engineer (KE), yaitu seorang spesialis sistem yang
menterjemahkan pengetahuan yang dimiliki seorang pakar menjadi pengetahuan yang
akan tersimpan dalam basis pengetahuan pada sebuah sistem pakar
- Modul Konsultasi
Sistem pakar pada modul konsultasi apabila sistem memberikan konsultasi berupa jawaban atas permasalahan yang diajukan oleh pemakai pada modul ini pemakai yang awam berinteraksi dengan sistem dengan memasukkan data dan jawaban-jawaban pertanyaan sistem.Data yang dimasukkan oleh pemakai ditempatkan dalam database sistem dan kemudian diakses oleh pembangkit inference untuk mendapatkan kesimpulan.
- Modul Penjelasan
Modul Penjelasan adalah menjelaskan proses pengambilan keputusan yang dilakukan oleh sistem.
0 komentar:
Posting Komentar