Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Area pada Expert System



Bidang - Bidang Pengembangan Expert System

Ada banyak area atau wilayah yang menandai daerah kerja AI yaitu jaringan saraf, sistem persepsi, robotik, bahasa ilmiah, sistem pendukung keputusan, sistem informasi berbasis manajemen dan sistem pakar. Tiap daerah kerja AI memiliki potensi dalam memecahkan masalah. Tetapi keunggulan utama ada dalam bentuk pengetahuan dari pakar manusia secara heuristik dalam sistem pakar.

Heuristik sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu Eureka yang berarti menemukan. Heuristik dalam sistem pakar tidak menjamin hasil semutlak sistem kecerdasan buatan lainnya, tetapi menawarkan hasil yang spesifik untuk dimanfaatkan karena sistem pakar berfungsi secara konsisten seperti seorang pakar manusia, menawarkan nasihat kepada pemakai dan menemukan solusi terhadap berbagai permasalah yang spesifik.


Area Permasalahan Aplikasi dalam Expert System

1. Desain
Menentukan konfigurasi komponen - komponen sistem yang cocok dengan tujuan - tujuan kinerja tertentu dan kendala - kendala tertentu, contohnya : tempat yang dibuat oleh Dincbas pada tahun 1980 untuk membantu desain pengembangan sirkuit elektronik layout sirkuit, pengawasan, pengenalan ucapan, analisis citra, interpretasi sinyal, dan beberapa analisis kecerdasan.

2. Perencanaan

Merencanakan serangkaian tindakan yang akan dapat mencapai sejumlah tujuan dengan kondisi awal tertentu, contohnya : perencanaan keuangan, komunikasi, militer, pengembangan politik, routing dan manajemen proyek. 

3. Monitoring
Membandingkan tingkah laku suatu sistem yang teramati dengan tingkah laku yang diharapkan darinya, contohnya : Computer Aided Monitoring System.

4. Interpretasi
Pengambilan keputusan dari hasil observasi, contohnya : pengawasan, pengenalan ucapan, analisis citra, interpretasi sinyal, sistem untuk melakukan sensor gambar dan suara kemudian menganalisanya dan kemudian membuat suatu rekomendasi berdasarkan rekaman tersebut.dan beberapa analisis kecerdasan lainnya.

5. Prediksi
Memprediksi akibat - akibat yang dimungkinkan dari situasi - situasi tertentu, contohnya : peramalan, prediksi demografis, peralaman ekonomi, prediksi lalulintas, estimasi hasil, militer, pemasaran, atau peramalan keuangan.

6. Diagnosis 
Menentukan sebab malfungsi dalam situasi kompleks yang didasarkan pada gejala - gejala yang teramati, contohnya : diagnosis penyakit, diagnosis kerusakan mesin kendaraan  bermotor, diagnosis kerusakan komponen komputer dan diagnosis perangkat lunak

7. Instruksi
Pengembanagn sistem pakar yang sangat berguna dalam bidang ilmu pengetahuan dan pendidikan, dimana sistem pakar dapat memberikan instruksi dan pengajaran tertentu terhadap suatu topik permasalahan. Contohnya : pengembangan sistem pakar dibidang ini adalah sistem pakar untuk pengajaran, melakukan instruksi untuk diagnosis, debugging dan perbaikan kinerja

8. Seleksi
Mengidentifikasi pilihan dari beberapa daftar pilihan kemungkinan solusi. Biasanya sistem mengidentifikasi permasalahan secara spesifik, kemudian mencoba untuk menemukan solusi yang paling mendekati kebenaran.

9. Simulasi
Memproses operasi dari beberapa variasi kondisi yang ada dan menampilkannya dalam bentuk simulasi, atau Pemodelan interaksi antara komponen-komponen sistem. Contohnya :  program tanaman yang sudah menggabungkan antara prediksi dan simulasi, dimana program tersebut mampu menganalisis hama dengan berbagai kondisi suhu dan cuaca.

10. Kontrol
Mengatur tingkah laku suatu environment yang kompleks seperti control terhadap interpretasi-interpretasi, prediksi, perbaikan dan monitoring kelakuan sistem.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

ikeeearly mengatakan...

Casinos Near Washington | MapyRO
Search by 보령 출장마사지 zip code, street or other location to see the closest casinos and 군포 출장안마 other places to play in Washington. 영주 출장샵 강원도 출장안마 Check your local Casinos Near Washington 익산 출장마사지

Posting Komentar