Bidang - Bidang Pengembangan Expert System
Ada
banyak area atau wilayah yang menandai daerah
kerja AI yaitu jaringan saraf,
sistem persepsi, robotik, bahasa ilmiah, sistem
pendukung keputusan, sistem
informasi berbasis manajemen dan sistem pakar. Tiap daerah kerja AI memiliki potensi dalam
memecahkan masalah. Tetapi keunggulan utama ada dalam bentuk pengetahuan dari pakar manusia secara heuristik dalam sistem pakar.
Heuristik sendiri
berasal dari bahasa Yunani yaitu Eureka
yang berarti menemukan. Heuristik dalam sistem pakar tidak
menjamin hasil semutlak sistem
kecerdasan buatan lainnya, tetapi menawarkan hasil yang spesifik untuk
dimanfaatkan karena sistem pakar
berfungsi secara konsisten seperti seorang pakar manusia, menawarkan
nasihat kepada pemakai dan menemukan solusi terhadap berbagai permasalah yang
spesifik.
Area
Permasalahan Aplikasi dalam Expert System
Menentukan
konfigurasi komponen - komponen sistem yang cocok dengan tujuan - tujuan
kinerja tertentu dan kendala - kendala tertentu, contohnya : tempat yang dibuat
oleh Dincbas pada tahun 1980 untuk membantu desain pengembangan sirkuit
elektronik layout sirkuit, pengawasan, pengenalan ucapan, analisis citra,
interpretasi sinyal, dan beberapa analisis kecerdasan.
2. Perencanaan
Merencanakan serangkaian tindakan
yang akan dapat mencapai sejumlah tujuan dengan kondisi awal tertentu, contohnya
: perencanaan keuangan, komunikasi, militer, pengembangan politik, routing dan
manajemen proyek.
3. Monitoring
Membandingkan tingkah laku suatu
sistem yang teramati dengan tingkah laku yang diharapkan darinya, contohnya :
Computer Aided Monitoring System.
4. Interpretasi
Pengambilan keputusan dari hasil
observasi, contohnya : pengawasan, pengenalan ucapan, analisis citra, interpretasi
sinyal, sistem untuk melakukan sensor
gambar dan suara kemudian menganalisanya dan kemudian membuat suatu
rekomendasi berdasarkan rekaman tersebut.dan beberapa analisis kecerdasan
lainnya.
5. Prediksi
Memprediksi akibat - akibat yang
dimungkinkan dari situasi - situasi tertentu, contohnya : peramalan, prediksi
demografis, peralaman ekonomi, prediksi lalulintas, estimasi hasil, militer, pemasaran,
atau peramalan keuangan.
6. Diagnosis
Menentukan sebab malfungsi dalam
situasi kompleks yang didasarkan pada gejala - gejala yang teramati, contohnya
: diagnosis penyakit, diagnosis kerusakan mesin kendaraan bermotor,
diagnosis kerusakan komponen komputer dan diagnosis perangkat lunak
7. Instruksi
Pengembanagn sistem pakar yang sangat berguna dalam bidang ilmu
pengetahuan dan pendidikan, dimana sistem pakar dapat memberikan instruksi dan
pengajaran tertentu terhadap suatu topik permasalahan. Contohnya : pengembangan
sistem pakar dibidang ini adalah sistem
pakar untuk pengajaran, melakukan instruksi untuk diagnosis, debugging dan
perbaikan kinerja
8. Seleksi
Mengidentifikasi pilihan dari
beberapa daftar pilihan kemungkinan solusi. Biasanya sistem mengidentifikasi
permasalahan secara spesifik, kemudian mencoba untuk menemukan solusi yang paling mendekati kebenaran.
9. Simulasi
Memproses
operasi dari beberapa variasi kondisi yang ada dan menampilkannya dalam bentuk
simulasi, atau Pemodelan interaksi antara komponen-komponen sistem. Contohnya
: program tanaman yang sudah menggabungkan antara prediksi dan
simulasi, dimana program tersebut mampu menganalisis
hama dengan berbagai kondisi suhu dan cuaca.
10. Kontrol
Mengatur
tingkah laku suatu environment yang kompleks seperti control terhadap
interpretasi-interpretasi, prediksi, perbaikan dan monitoring kelakuan sistem.
1 komentar:
Casinos Near Washington | MapyRO
Search by 보령 출장마사지 zip code, street or other location to see the closest casinos and 군포 출장안마 other places to play in Washington. 영주 출장샵 강원도 출장안마 Check your local Casinos Near Washington 익산 출장마사지
Posting Komentar